Monday, 29 August 2011

Ternyata Kondisi Ban dan Spooring Menghemat BBM Hingga 14,5 Persen!!!




Roda dan ban mempengaruhi konsumsi bahan bakar! Itulah kesimpulan dari hasil pengujian bersama yang dilakukan Volvo truk dan Michelin baru-baru ini. Lebih rinci lagi
, kondisi pelek dan ban yang tepat, bisa menghemat bahan bakar sampai 14,5 persen. Kalau sudah begini, berarti juga mengurangi emisi CO2.
SpooringKondisi roda dan ban yang mempengaruhi tersebut antara lain kesetimbangan (balansing), sudut-sudut keselerasan (spooring), tekanan angin dan hambatan gesek (rolling resistance). Pada pengujian ini, Volvo menggunakan dua unit truk FH 4x2 dengan mesin 13 liter dan menghasilkan tenaga 500PS. Kedua truk digunakan menarik trailer dengan beban 40 ton.
Satu truk dikendarai dengan berbagai kombinasi kondisi ban yang tidak cocok dan tekanan angin yang tidak sama. Sedangkan truk yang satu lagi keselarasan roda  (spooring dan balansing)  optimal. Tekanan anginnya juga pas. Begitu juga dengan jenis bannya.
Pengujian selama dua minggu menempuh 1.000 km lebih . Analisis data yang didapat,  perbedaan konsumsi bahan bakar mencapai 14,5 persen.
Pemilihan Ban
Pemilihan ban sesuai dengan rekomendasi kendaraan memangkas konsumsi bahan bakar hingga 11 persen. Tekanan angin ban yang tepat menghemat satu persen, sementara keselarasan roda yang tepat mengemat 2,5 persen.

"Semua pengujian sesuai dengan kondisi sesungguhnya. Tidak ada yang ditambah atau dikurangi. Konsumsi bahan bakar bila   keselarasan roda tidak tepat. Ini berlaku untuk semua kendaraan," ungkap Arne-Helge Andreassen, Manajer Area Bisnis untuk ban dan keselarasan roda di Departemen Purnajual Volvo Trucks.

sumber: Kompas

Konsumsi bahan bakar  yang irit langsung mengurangi emisi. Di Eropa, kendaraan komersial menyumbang 30- 40 persen dari total emisi CO2 yang dihasilkan bermotor. Berarti, kalau mau ikut mencegah pemanasan global, juga memperhitungkan penggunaan ban yang pas!